Vending Machine sudah Merambah Indonesia?

4 Apr 2013

Seiring dengan perkembangan teknologi dan system penjualan barang yang semakin modern, dulu Vending Machine yang hanya terdapat atau dipakai oleh negara negara industri maju seperti negara negara dikawasan Eropa, Amerika, Australia, Asia (Jepang). Kini Alat penjual barang secara otomatis (Vending Machine), sudah mulai masuk dan sudah banyak di pakai di Indonesia.

Vending Machine di Indonesia

Sekarang ini seperti kita ketahui bersama, di Bandara international seperti Soekarno Hatta, di Departement store, Supermarket, Caf, Halte Bis (Trans Jakarta), sudah banyak diletakkan Vending Machine, sebagai alat atau mesin untuk menjual barang.

Bahkan tidak hanya minuman saja,yang dijual melalui Vending Machine yang ada di Indonesia.Vending Machine buah buahan dan Vending machine Koran juga sudah ada di Indonesia.

Sebelum kita mengetahui jauh tentang Vending Machine, disini saya akan mengulas sedikit tentang Vending Machine.

Apakah Vending Machine itu?

Vending Machine, bisa diartikan sebagai alat atau mesin untuk menjual barang secara otomatis.Yang dimaksud secara otomatis disini adalah sebenarnya Vending Machine ini tidak usah memerlukan tenaga operator untuk menjual barang.Kita bisa membeli barang dengan Vending Machine ini sesuai dengan keinginan kita.Dan vending Machine ini juga sebenarnya sudah menyediakan uang kembalian jika kita membeli barang dengan uang yang lebih.

Bagaimana cara membeli melalui Vending Machine?

Sebenarnya cara membeli melalui Vending machine itu mudah,yaitu kita tinggal memasukkan uang kita ke tempat untuk memasukkan uang, lalu kita tekan tombol pada barang yang kita maksudkan maka barang itu akan keluar dengan sendirinya.

Tapi karena Vending Machine ini masih terbilang barang baru dan masih jarang dipakai di Indonesia, maka ada beberapa Vending Machine oleh beberapa pengelola Vending Machine ditempatkan orang untuk menjaga Vending Machine dan untuk melayani serta menjelaskan cara pembelian dengan Vending Machine.

Tapi kita tidak perlu khawatir dan takut untuk membeli melalui Vending Machine, karena di Vending Machine yang ada di Indonesia, biasannya dilengkapi dengan petunjuk cara pembelian.

Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta


Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta


Vending Machine;Bandara Soekarno Hatta


Vending Machine ; Game Center (Time Zone)


Vending Machine ;Buah - buahan

Ada juga Vending Machine yang kalau kita akan membeli barang dari Vending Machine ini kita harus membeli kupon terlebih dulu, kepada loket atau penjaga penjual kupon yang ada di Vending Machine ini.

Kupon tersebut tentu saja seharga barang atau minuman yang dijual dalam Vending machine.Jadi kita tidak memasukkan uang dalam Vending Machine, tapi terlebih dulu kita membeli kupon,lalu kita masukkan ke tempat pemasukkan kupon yang ada pada Vending Machine.

Vending Machine;Halte Busway Lubuk Atas,jakarta

Untuk Vending Machine yang ada di Time zone (Coca-cola Vending machine), memakai kartu gesek,yang kita beli di counter game. Jadi prinsipnya sama tatkala kita mau main game, saldo yang tercantum didalam kartu bisa kita pakai untuk membeli barang yang ada dalam Vending Machine.

Vending Machine ;Game Center - Time Zone

Barang apa saja yang dapat kita beli lewat Vending Machine di Indonesia?

Untuk saat ini,barang barang yang dijual dengan Vending Machine di Indonesia kebanyakan masih minuman, tapi ada juga Vending Machine yang menjual buah-buahan yang dipotong dan dimasukkan dalam cup plastik, dan ada juga Vending Machine yang menjual Koran.

Minuman yang dijual dalam Vending Machine di Indonesia bermacam-macam, ada Minuman sejenis softdrink seperti, fanta, sprite, coca-cola, kopi, teh, air mineral. Semua dalam bentuk minuman kaleng, botol pet, dan cup.

Dan kedepannya,tidak menutup kemungkinan makanan kemasan, seperti roti, pop mie, juga akan dijual lewat Vending machine.

Dari manakah Vending Machine itu di datangkan?

Kebanyakan Vending Machine ini didatangkan atau di import dari luar negara seperti Korea, China, Amerika, dan lain lain.

Apakah di Indonesia ada Perusahaan perakit Vending Machine?

Sebenarnya di Indonesia, sudah ada Perusahaan Perakitan Vending Machine, tapi Produk rakitan Vending Machine ini dieksport lagi dan dipasarkan ke Jepang. Karena Perusahaan ini adalah anak cabang dari perusahaan KUBOTA, Japan yang memproduksi Vending Machine.

Nama Perusahaan ini adalah PT.METEC SEMARANG, yang berlokasi dikawasan berikat Tanjung Emas Export Processing Zone, Semarang Jawa Tengah.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua tentang apa dan bagimana membeli barang dengan Vending Machine. Karena seperti kita ketahui bersama Vending Machine sudah mulai masuk dan banyak di gunakan di Indonesia.

Kini saatnya Anda mengetahui dan memakai Vending Machine dalam transaksi jual beli barang.


TAGS Vending Machine Vending Machine Indonesia Vending Machine di Indonesia


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post